TIPS Investasi di Properti.




TIPS Investasi di Properti.
1. Lokasi : penentuan lokasi merupakan aspek terpenting sebelum anda membeli atau berinvestasi suatu property (tanah / perumahan).
Tempat Tinggal (yang perlu di pertimbangkan) : 
-Apakah terletak di daerah yang rawan banjir.
-Apakah fasilitas yang kita sediakan sudah cukup memadai. misalnya “keamanan,tempat belanja,taman bermain /taman bunga,makam, temapt ibadah dll.
-apakah merupakan daerah yang sedang berkembang (daerah terpencil pedesaan atau pinggiran kota) atau sudah berkembang (daerah perkotaan / daerah pedesaan namun sangat dekat dengan perkotaan dan fasilitas perkotaan seperti mall, rumah sakit dll).
2. Klasifikasi Tanah – pada umumnya klasifikasi tanah dikategorikan menjadi 4 kategori yakni : komersial, perumahan , industri , dan pertanian. Dengan mengetahui ini, maka akan memudahkan kita dalam mencari properti yang kita butuhkan. Apakah tanah tersebut cocok dengan kebutuhan kita ataukah tidak.
3. Pendapatan Pasif –  pendapatan yang akan kita dapat tanpa perlu bekerja. Pendapatan ini biasanya dilakukan dengan memikirkan hal-hal ini terlebih dahulu di awal sebelum kita memulai bisnis properti. Yakni “Apakah properti yang kita inginkan menghasilkan pendapatan pasif ? Apakah sudah ada penyewa atau calon penyewa ? Berapa harga yang sudah atau akan dibayar penyewa kita untuk properti itu? .
Pertimbangkan skenario ini: Beli properti di tempat yang strategis dimana?, yaitu apakah tanah ini adalah tempat yang sangat berpotensi dengan cepat mendapatkan penyewa?. apakah dengan tanah ini Kita bisa tidak perlu membayar seluruh harga properti secara tunai Namun Kita hanya cukup membayar uang muka dan membiarkan penyewa membayar cicilannya dari biayan sewa bulanan. Dengan memikirkan semua rencana ini di awal kita bisa memprediksi pendapatan pasif kita di awal. Luar biasa bukan ?
4. Status Tanah – Sertifikat tanah merupakan dokumen yang menjelaskan atas kepemilikan tanah tersebut. Periksa dnegan teliti sertifikast dan status tanah tersebut. apakah nama yang tercantum dalam sertifikat tersebut benar atas nama pihak penjual dan berapa meter tanah yang dijual dengan tanah aslinya.
5. Masalah Lain : anda perlu mempertimbangkan adakah pembeli property kita adalah penyewa ilegal / tidak. Karena biaya hukum untuk mengusir orang-orang ilegal ini membutuhkan biaya yang sangat bear, mereka juga dapat mencuri sesuatu yang memiliki nilai pasar dari properti anda.

Komentar