Cara Memperbaiki Furniture Kayu MDF

              



                 Kingspark 8 villa adalah sebuah villa yang juga menerapkan interior kayu di setiap kamar utama dan beberapa perabot lainnya. Selain itu, ada juga perabot kayu yang terbuat dari bahan solid enginered wood atau tipe kayu MDF untuk beberapa ornament ruangan.
               Kayu MDF(medium-density fibreboard) adalah sebuah papan kayu yang terbuat dari kombinasi serat dan serbuk kayu yang di padatkan dalam tekanan dan temperatur suhu yang tinggi dengan bantuan resin dalam prosesnya. Kayu MDf sangat banyak digunakan dalam perabot rumah tangga, mebel atau ornament interior lainnya. 

Berikut adalah kelebihan dan keuntungan kayu MDF : 

Kelebihan:

  1. Tahan Halus jika di bandingkan dengan plywood.
  2. Tidak retak apabila di paku pada ujungnya.
  3. Tidak mudah bengkok atau meleleh.
  4. Tidak mengikat paku sekuat kayu solid
  5. Memiliki daya serap suara yang baik, sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar untuk peralatan sound system.

Kelemahan:

  1. Air mudah meresap pada sisi tebal
  2. Sekrup kurang kuat pada sisi tebal
  3. Lem putih tidak bekerja secara efektif pada permukaan.
  4. Tidak mengikat paku sekuat kayu solid
  5. Tidak memiliki motif serat kayu

jika anda memiliki beberapa tipe kayu MDF. kerusakan pada material kayu MDF dapat terjadi kapanpun dan dimana saja. 
Kayu MDF dapat mengelupas dan terjadi berbagai kerusakan di salah satu sisinya. Hal tersebut sangat wajar, namun jika anda dapat memperbaiki sendiri dengan mudah, why not?! yah kan.

Berikut adalah beberapa tips memperbaiki perabot MDF :

  1. Memperbaiki retak dan pengelupasan.

Permukaan kayu MDF mudah retak jika terbentur benda berat. Anda dapat memperbaikinya dengan pisau khusus dan poles bolak balik menggunakan filler(isian partikel kayu yang bisa di toko bahan bangunan) di permukaan MDF yang retak tadi hingga halus.Diamkan semalaman hingga mengering. 
Anda juga bisa menggunakan lem kayu untuk memperbaiki papan kayu yang mudah mengelupas . Rekatkan kembali partikel kayu mengeleupas tersebut dengan lem kayu lalu diamkan semalaman hingga mengering.

  1. Mengecat Ulang

Sebelum mengecat, poles permukaan kayu MDF dengan kain basah, tunggu mengering. Kemudian poles permukaan kayu dengan cat primer.  Guanakan cat dasar berwarna abu-abu jika ingin mengecat perabot berwarna gelap dan gunakan warna putih jika ingin mengecat dengan warna cerah. 
Tunggu hingga cat tersebut mengering sebelum anda mempolesnya dengan warna yang anda inginkan. 

  1. Menghilangkan Noda Cair

Bila anda secara sengaja ataupun tidak sengaja menginggalkan bekas cairan di atas perabot MDF yang tidak terlapisi cat "wood finish by minwax". Maka lama kelamaan cairan tersebut akan meninggalkan bekas noda permanen di atas permukaan perabot MDF. Anda dapat memperbaikinya dengan menambah filler pertikel kayu.

Sedangkan untuk kerusakan  ornament atau beberapa perabot rumah tangga anda yang parah, anda dapat memperhitungkan biaya kerugian membeli baru atau perbaikan sendiri. Atau jika anda ingin lebih praktis atau lebih mudah dan cepat. Pada saat membeli villa di kingspark 8 villa anda dapat request ke developer untuk mengganti ornament villa dengan ornament yang menggunakan material kayu MDF dan bisa request juga gaya interior sesuka hati.



Baca juga :




Untuk info lebih lanjut tentang kingspark 8 villa , bisa hubungi di nomor marketing kami di bawah ini : 
  • (081 55608181 - Hamilton S)
  • (082142440015-Wilujeng) ^_^
Alamat : Jl.dewi sartika no.7a Batu 

Komentar