Aluminium Powder Coating

            




         aluminium powder coating adalah proses pengecatan kering di permukaan aluminium (biasanya sering di gunakan untuk pagar jendela / pagar rumah) dengan suatu lapisan film bubuk yang sistem pengecatannya tidak memerlukan bahan cair. Pada proses pengecatan serbuk tersebut di semprotkan kepada aluminum / logam kemudian di oven sampai serbuk tersebut mencair dan melekat sangat kuat pada benda tersebut. dan sangat tahan lama jika di bandingkan dengan pengecatan menggunakan cat air biasa. 

Kelebihan Powder Coating : 

1. Warna lebih tebal

       Teknik cat Powder coating menghasilkan warna yang lebih stabil dan lebih tebal dibanding dengan teknik lain. Ketebalan mencapai 350 micron, sedangkan ketebalan cat minyak umumnya sekitar 30 - 40 micron.

2. Permukaan Keras

      Selain warna yang tebal, permukaan akan lebih keras, sehingga menjadikan perlindungan metal atau logam lebih tahan gores.

3. Sifat adhesif lebih kuat

      Kuatnya sifat adhesif mengakibatkan serbuk powder lebih menyatu dengan logamnya. Perlakuan chemical pre treatment dan proses bake oven hingga 200 derajat Celcius, mengakibatkan proses melting dari bubuk powder lebih menyatu dengan media.

4. Menutup pori - pori dengan sempurna

      Proses Powder Coating yang merata dan warna yang tebal, akan membuat pori-pori benda tertutup dengan sempurna. Berbeda dengan cat minyak, pada jangka waktu tertentu akan terdapat retakan kecil dan tidak terlihat kasat mata, dimana lama kelamaan retakan ini bisa menjadi jalan air, embun maupun uap untuk masuk ke pori - pori yang lama kelamaan bisa memicu terjadinya karat.

5. Efisien

     Penggunaan teknik cat powder coating dianggap lebih efisien dan hemat dibandingkan dengan teknik lain. Penyebaran warna bisa menghemat penggunaan bahan cat secara langsung. Selain itu dengan bantuan alat, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Bahan untuk penerapan powder coating'pun juga lebih murah dibandingkan dengan model cat lain.

6. Ramah Lingkungan

     Media yang menggunakan powder coating aman untuk kesehatan dan sangat ramah lingkungan. Tidak ada bahan khusus untuk melarutkan cat, yang bisa membuat cat terkelupas dan menyebabkan sampah lingkungan. Bahan cat yang masih berupa powder basah sekalipun tidak menyebabkan bau menyengat.

7. Aman 

     Bahan cat bubuk aman untuk kesehatan, baik untuk saluran pernafasan maupun kulit jika terkena kontaminasi langsung. Tetapi, penggunaan perangkat keamanan harus tetap diperlukan untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

8. Kualitas Baik

     Proses powder coating pada suhu tinggi dan teknik penghilangan karat yang dilakukan sebelumnya akan menciptakan hasil yang berkualitas baik dan tahan karat. Benda yang dilindungi dengan cat powder coating mampu bertahan dari panas maupun hujan jauh lebih baik daripada cat biasa. Ketahanan kualitas cat powder coating bisa sampai 10 tahun.

 

 

Kekurangan Powder Coating : 

  • 1. Sulit untuk menemukan dimensi warna lain yang lebih sesuai misal untuk jenis cat metalik.
  • 2. Hanya bisa di aplikasikan pada besi, aluminium, metal atau logam. Tidak bisa digunakan untuk material karet dan baru bisa disentuh setelah cat kering.
  • 3. Objek yang akan dicat harus benar-benar steril dan terlepas dari seal atau karet karena akan dipanaskan sampai suhu 220 C.


      Jika anda tertarik dengan villa modern @kingspark8villa yang menggunakan powder coating di beberapa furniturenya dan tempat strategis dimana sangat cocok bila anda menggunakan villa tersebut untuk investasi jangka panjang. Yuk ketahui lebih lanjut infonya :

 Sumber :  LINK 1LINK 1


Komentar