8 manfaat rutin berenang






  1. meningkatkan kekuatan dan Kardio
berenang juga bisa di katakan sebagai latihan kardio. karena badan akan terus-terusan bergerak hingga mencabai batas maksimum.  Sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

  1. Olahraga Benturan Ringan
Olahraga benturan ringan bisa jgua di sebut dengan olahraga yang bisa dilakukan meskipun anda memiliki sedikit cedera ringan dan berupaya untuk menghialngkannya dengan cara rutin berenang."Anda boleh berenang dengan intensitas lebih tinggi secara teratur tanpa khawatir membahayakan tubuh," sebut Walton.

  1. Bagus untuk Paru-paru
Oksigen akan terbatas ketika kepala anda berada dalam air sangat lama. secara otomatis " Tubuh akan beradaptasi dalam penggunaan oksiden untuk lebih efisien" kata Walton.  Tubuh pun belajar mengambil udara segar di setiap hela napas dan melepas karbondioksida di setiap buang napas.

     4. Semua dapat melakukannya

Entah bagi mereka sedang memulihkan diri dari cedera dari berbagai penyakit, wanita hamil, ibu baru melahirkan atau pun atlet Ironman, berenang adalah olahraga yang bagus bagi semua. Anda dapat mengatur kecepatan berenangan, pengontrolan bernapas yang lebih bagus, intensitas dan hal yang dicapai setelah setiap sesi.

  1. Membuang Semua Stress
Olahraga dapat menurunkan atau membuang semua endorfin dalam tubuh dan menurunkan kadar stress. Berenangan dalam air dapat menurunkan tingkat stress dan dapat menaikkan suasana hati.

  1. Membuat awet muda
orang yang rajin berenang akan terlihat lebih muda 20 tahun dari umurnya. Tidak cepat keriput dan menua.Itu menurut riset dari Indiana University. Ilmuwan mengatakan bahkan sampai usia 70, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar Kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda.

      7.melatih otot 

kebanyakan duduk di kantor dapat membuat otot-otot menjadi lebih kaku dan mengakibatkan penyakit sakit punggung, rematik dan lain-lain. dengan berenang secara rutin. otot-otot di tubuh anda akan segera melentur membaik seperti sedia kala dan penyakit pun hilang.

  1. Membuat Otak lebih cerdas
menurut studi di Journal of Physiology, Aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Peneliti percaya tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu. Saat ini periset meneliti apakah olahraga air memperbaiki aliran darah ke otak lebih baik dibandingkan olahraga di daratan.
Selain itu, berenang juga dapat menambah pengalaman baru. Dengan kemampuan berenang yang sudah kita miliki, saat liburan kita dapat menikmati alam dengan lebih baik. Contohnya jika berlibur di pantai, anda dapat berenang di laut sambil melakukan snorkeling di bawah air dnegan sangat menyenangkan.

 Sumber :  LINK 1,

Komentar